Sabtu, 11 November 2017

download buku metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r d sugiyono

Menurut Prof. Dr. Sugiyono, Indonesia yang sudah lebih dari 60 tahun merdeka tetapi belum memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang memadai. Hal ini diantaranya disebabkan karena kualitas penyelenggaraan dan hasil pendidikan dari berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan belum memadai. Rendahnya kualitas penyelenggaran dan hasil pendidikan ini antara lain disebabkan pembuatan kebijakan, pengembangan kurikulum dan sistem evaluasi tidak didasarkan dari hasil penelitian yang memadai. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendididkan pada tingkat yang lebih tinggi, maka setiap upaya meningkatkan kualitas tersebut perlu dilakukan penelitian. Supaya penelitian dapat menghasilkan informasi yang akurat, maka perlu menggunakan metode penelitian yang tepat. Metode penelitian secara umum dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu : Metode Kuantitaif, Kualitatif dan Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D).

Perbedaan metode kuantitatif dan kualitatif tidak semata-mata yang satu pakai angka dan yang lain tidak. Perbedaan kedua metode tersebut meliputi aksioma dasar, proses penelitian dan karakteristik penelitian itu sendiri. Dari segi proses, penelitian kuantitatif bersifat deduktif dan penelitian kualitatif bersifat induktif. Keberadaan metode tersebut tidak perlu di pertentangkan, karena justru satu sama lain saling melengkapi.

Pertanyaan yang sering muncul terhadap kedua metode tersebut adalah apakah kedua metode tersebut dapat digabungkan. Kesimpulannya, metode kuantitatif dan kualitatif tidak akan pernah dipakai bersama-sama, karena kedua metode tersebut memiliki paradigma yang berbeda dan perbedaannya bersifat mutually exclusive, sehingga dalam penelitian hanya dapat memilih salah satu metode.

Pada buku ini dikemukakan tiga metode yaitu kuantitatif, kualitatif, penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Metode kuantitatif cocok digunakan untuk penelitian pada populasi yang luas, permasalahan yang sudah jelas, teramati, terukur dan peneliti bermaksud untuk menguji hipotesis. Metode kualitatif cocok digunakan terutama bila permasalahan masih remang-remang bahkan gelap, peneliti bermaksud ingin memahami secara mendalam suatu situasi social yang kompleks, penuh makna. Selain itu metode kualitatif juga cocok digunakan untuk mengkontruksi fenomena sosial yang rumit, menemukan hipotesis dan teori. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan apabila peneliti bermaksud menghasilkan produk tertentu, dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut. Dengan metode R&D diharapkan dapat ditemukan dan diuji produk-produk baru yang berguna bagi kehidupan manusia, lembaga dan masyarakat. Metode penelitian ini bersifat longitudinal, sehingga penelitian dilakukan secara bertahap, dan setiap tahap mungkin digunakan metode yang berbeda.

Buku ini terdiri dalam lima bagian yang dipecah kembali menjadi 16 bab.


Bagikan

Jangan lewatkan

download buku metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r d sugiyono
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

8 komentar

Tulis komentar